Sabtu, 26 Desember 2009

apa itu Hidden Markov Model ?


Definisi Hidden Markov Model:


Hidden Markov Model(HMM) adalah sebuah kakas statistik yang sudah banyak diterapkan di bidang signal processing, dan speech processing. HMM juga sukses diterapkan untuk menangani masalah – masalah yang ada pada NLP seperti part-of-speech tagging, phrase chunking, dan mengambil informasi dari sekumpulan dokumen. Andrei Markov memberikan namanya ke sebuah teori matematika yaitu Markov Chain pada awal abad ke 20[3], akan tetapi yang mengembangkan teori HMM adalah Baum dan para koleganya pada tahun 1960[2].

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai HMM, terlebih dahulu dibahas mengenai Markov Chain yang merupakan dasar dari teori HMM. Markov Chain merupakan finite state automaton yang terdiri dari kumpulan state yang transisi antar state-nya dilakukan berdasarkan masukan observasi. Pada Markov Chain, setiap sisi antar state berisi probabilitas yang menunjukan jalur yang mungkin diambil dan total semua probabilitas yang keluar simpul adalah satu.

Gambar berikut merupakan contoh dari model Markov Chain. Model ini menggambarkan index dari stock market. Model ini mempunyai 3 state, Bull, Bear, dan Even, dan 3 indeks observasi Up, Down, Unchanged. Diberikan serangkaian observasi, contoh: up-down-down, dapat dengan mudah diketahui bahwa urutan state yang memproduksi observasi tersebut adalah Bull-Bear-Bear, dan probabilitas dari urutan state tersebut adalah 0,2 x 0.3 x 0.3.




Markov Chain bermanfaat untuk menghitung probabilitas urutan kejadian yang dapat diamati. Tidak semua urutan kejadian yang ingin diketahui bisa diamati. Untuk dapat memodelkan hal ini, model Markov Chain dimodifikasi menjadi Hidden Markov Model. Gambar II-2 menjelaskan bahwa Hidden Markov Model mempunyai beberapa simbol yang diemisikan oleh setiap state. Kunci perbedaannya adalah jika mempunyai urutan observasi up-down-down, maka tidak bisa diketahui dengan pasti urutan state apa yang memproduksi urutan observasi ini. Oleh sebab itu, urutan state disebut ’hidden’ atau tersembunyi. Walaupun begitu, perhitungan urutan state mana yang berpeluang paling besar menghasilkan urutan observasi tersebut dapat dilakukan.





REFERENSI:

[1]  Blunsom, Phil. Hidden Markov Models. 19 Agustus 2004.
[2] L. Baum et. al. A maximization technique occuring in the statistival analysis of probabilistic functions of markov chains. Annals of mathematical statistics, 41:164-171, 1970.
[3] A. Markov. An example of statistival investigation in the text of eugene onyegin, iilustrating coupling of test in chains. Proceedings of the Academy of Sciences of St. Petersburg, 1913.
[4] L. Rabiner. A tutorial on hidden markov models and selected applications in speech recognition. Proceedings of IEEE, 1989.
[5] Cutting, Doug, et al. A Practical Part-of-speech Tagger. Xerox Palo Alto Research Center. In Proceding of the third conference on applied Natural Language Processing page 133-140. 1992.
[6] Schmid, Helmut. Probabilistic Part-of-Speech Tagging using Decision Tree.

2 komentar:

  1. Pak Alfan, saya mau mencoba menerapkan neural network POS Tagging untuk bahasa Indonesia. bagaimana menurut bapak...

    BalasHapus